Tak terasa hanya dalam hitungan jam saja kita akan memasuki Tahun Baru 2018. Seluruh dunia ikut merayakan malam pergantian tahun ini dengan meriah. Banyak hal-hal yang menjadi kebiasaan di negara-negara di dunia dalam merayakan tahun baru. PiknikAsik telah merangkumnya dari berbagai sumber. Unik-unik semua loh, Piknikers.

1. Skotlandia

Di Skotlandia banyak orang yang menyebut malam tahun baru sebagai Night of the Candle. Orang-orang Skotlandia menyiapkan hari itu dengan membersihkan rumah mereka dan juga membakar batang-batang dan daun kering pohon Juniper. Mereka percaya bahwa orang pertama yang datang ke rumah mereka adalah mereka yang akan menentukan keberuntungan seluruh keluarga itu dalam satu tahun mendatang.

2. Amerika Serikat

Ini adalah perayaan besar bagi masyarakat Amerika Serikat. Mereka biasa merayakan malam tahun baru dengan sebuah festival. Mereka akan menari, menyanyi, dan juga makan bersama. Tepat jam 12 malam hari, pasangan akan berciuman dan saling mengucapkan ‘Happy New Year’.

3. Portugal

Orang Portugis biasanya makan 12 butir anggur dari cabang yang sama dan memakannya satu-persatu sampai jam 12 malam. Butiran anggur tersebut melambangkan kebahagiaan dalam 12 tahun mendatang.

4. Spanyol

Ketika malam pergantian tahun tiba, tidak banyak kegiatan di Spanyol. Toko, bioskop, dan hampir semua fasilitas umum di negara yang beribu kota di Madrid ini akan tutup. Seperti di Portugal, orang-orang akan makan buah anggur yang biasanya sudah terlebih dahulu direndam dalam air wine.

5. Russia

Seperti Natal, ada seorang mirip Santa Claus yang datang dan membawa sekantong penuh mainan anak-anak ke rumah-rumah untuk membagikannya. Namun bedanya, di malam tahun baru ini baju dan semua perlengkapan santa yang diyakini bernama Grandfather Frost itu berwarna biru.

6. Yunani

Tanggal 1 Januari adalah hari penting di Yunani karena diperingati sebagai hari Santo Basil. Ia dikenal sebagai sosok yang murah hati dan penyayang terhadap anak-anak. Ada kepercayaan bahwa pada malam tahun baru Santo Basil akan datang dan meninggalkan kado spesial di sepatu anak-anak. Orang-orang juga biasa berkumpul dengan keluarga dan teman untuk makan bersama dan saling bertukar kado.

7. Belgia

Tradisi di belgia saat malam tahun baru adalah pesta besar-besaran dan pada tengah malam pukul 12, orang-orang boleh mencium siapapun dan bertukar kado serta memberi selamat. Ada sebuah tradisi juga yang disebut Nieuwjaarrsdag. Saat itu anak-anak menulis surat kepada orangtuanya dalam kertas yang dihias. Mereka lalu membacakannya di depan orangtua mereka masing-masing.

8. Australia

Di Negeri Kanguru ini tahun baru besar-besaran diselenggarakan pada 1 Januari. Hari itu adalah hari libur nasional dan banyak orang menghabiskan waktu dengan piknik dan berkemah di pantai, walau begitu pesta itu dimulai sejak 31 Desember. Ketika tengah malam datang orang-orang mulai membuat suara bising dengan peluit, terompet, dan bell gereja

9. Jepang

Orang-orang di Jepang akan membunyikan lonceng sebanyak 108 kali saat perayaan tahun baru. Hal ini juga sejalan dengan kepercayaan penganut agama Budha bahwa bunyi lonceng dapat membawa kesucian dan mendatangkan keberuntungan.

10. Chili

Jika biasanya mengunjungi pekuburan hanya untuk pemakaman, orang-orang di Talca, Chili justru akan menginap di sana. Kegiatan ini akan dilakukan dalam rangka merayakan pergantian tahun di tempat orang terkasih dikuburkan. Acara akan diisi dengan penampilan musik klasik lengkap dengan lilin sebagai penerangan.

11. Filipina

Merayakan tahun baru di Filipina identik dengan serba bulat layaknya koin uang logam. Mereka percaya bahwa uang logam dapat membawa kekayaan sehingga apa pun yang dibuat dalam bentuk bulat seperti meja bulat, makanan bulat, akan membawa keberuntungan.

12. Estonia

Umumnya orang akan makan sebanyak tiga kali dalam sehari. Tapi khusus untuk tahun baru, masyarakat di Estonia akan makan sebanyak tujuh kali di hari itu untuk memastikan bahwa mereka tetap akan sejahtera selama setahun ke depan.

13. Rumania

Petani di Rumania mencoba memahami hewan mereka dalam ritual berbisik pada tahun baru. Jika hewan merespon bukan hanya mereka berbakat untuk berkomunikasi dengan para hewan namun juga percaya akan mendapat keberuntungan.

Sumber :

http://rona.metrotvnews.com/keluarga/ZkeQ1yAk-tradisi-unik-merayakan-tahun-baru-di-berbagai-negara

http://showbiz.liputan6.com/read/788860/beginilah-tradisi-malam-tahun-baru-di-beberapa-negara