Perayaan tahun baru di Rio De Janeiro menjadi salah satu tempat paling favorit di dunia. Kalau kamu memutuskan untuk mengawali tahun 2018, maka pilihan kamu sudah tepat. Karena banyak orang yang menantikan momen pergantian tahun di negara bekas jajahan portugis ini. Pilihan tempat paling favorit adalah pantai Copacabana. Seperti kamu tahu bahwa yang namanya area publik dan dipenuhi oleh begitu banyak orang bisa saja mengundang niat seseorang yang tidak baik makanya jangan sampai euforia perayan pergantian tahun itu membuat kewaspadaan kamu menjadi berkurang, piknikers. Nah, supaya tetap aman selama liburan di Brasil, perlu banget kamu simak tips-tips di bawah ini:

  1. Ganti ke kartu sim Brazil dan simpan banyak kontak

FYI saja, perayaan pergantian tahun di pantai Copacabana itu dihadiri oleh dua juta orang. Iya, dua juta orang. Sangat padat sekali. Jadi begitu kamu sampai di Brazil, segeralah ganti simcard Indonesia ke simcard Brazil. Jangan lupa untuk menyimpan nomor-nomor kontak yang penting karena dengan kepadatan orang yang tinggi tersebut, hilang dalam keramaian besar kemungkinannya. Seandainya kalian kemungkinan berpencar dan (mudah-mudahan tidak ) hilang di tengah keramaian, kalian masih bisa saling berkontak.

  1. Jangan membawa barang berharga ke pantai Copacabana

Pantai Capacobana sebenarnya tidak terlalu berbahaya tetapi ketika ada dua juta orang yang datang memadati pantai tersebut. Yang namanya ruang publik yang dipadati oleh banyak massa, di situlah kesempatan kejahatan bisa terjadi. Hati-hati untuk membawa ponsel kamu, diusahakan jangan membawa paspor, bawa saja fotokopi passpor tersebut. Jika kamu membawa tas, pastikan restletingnya benar-benar tertutup dengan rapat. Intinya jangan mengundang seseorang untuk berbuat kejahatan dan tetaplah menjadi aman.

  1. Datanglah lebih awal di pantai Copacabana. Kenapa harus datang lebih awal? Jadi yang namanya perayaan pasti ramai apalagi pantai Copacabana adalah pantai terfavorit maka ada baiknya kamu datang lebih awal. Datanglah ke sana sekitar pukul 4-7 sore untuk menghindari kemacetan transportasi sekitar kota Rio de Janeiro juga.
  2. Bawa makan dan minum sendiri

Demi keselamatan dan kenyamanan diri sendiri, sebelum menuju ke sana,pastikan kamu sudah mempersiapkan bekal untuk acara malam tahun baru itu. Alasannya adalah kamu harus berjuang untuk keluar dan masuk kembali ke dalam kerumunan jutaan manusia yang hadir dalam malam perayaan pergantian tahun tersebut,tidak ada jaminan jika makanan dan minuman yang kamu beli itu bakal aman dan higienis jadi sebaiknya sih membawa makanan dan minuman sendiri. Selain lebih terjamin kualitasnya, kamu juga bisa menghemat pengeluaran selama di Brazil.

  1. Berpakaian serba putih.

Entah aturan dari mana dan dimulai dari kapan tetapi dresscode yang dipakai oleh orang lokal untuk berpesta malam tahun baru di pantai Copacabana adalah serba putih. Iya, serba putih. Mulai dari atasan hingga bawahan. Tidak memakai jeans ataupun denim. Serba putih. Jadi, kalau kamu tidak berpakaian serba putih, maka orang pasti mengira bahwa kamu bukanlah orang lokal dan kamu bisa menjadi sasaran target mereka.

  1. Jangan tergoda wanita cantik

Ini khusus piknikers kamu laki-laki. Asal kamu tahu saja,piknikers. Brazil adalah negara dengan wanita-wanita tercantik di dunia. Selama kamu berlibur di sana, mata kamu bakal disuguhi oleh pemandangan perempuan yang kecantikannya di atas rata-rata. Tapi eits, jangan terbuai dengan kecantikannya ya. Terlebih saat perayaan maam tahun baru tersebut, berhati-hatilah dengan perempuan cantik tersebut karena bisa jadi mereka adalah umpan dari niat orang yang kurang baik. Jadi, selama di sana, mintalah temanmu untuk saling mengingatkan ya.

  1. Tinggalkan pantai saat pukul 5 pagi

Supaya piknikers tetap aman dan bersenang-senang dengan euforia yang ada, disarankan untuk meninggalkan pantai saat pukul 5 pagi di mana kerumunan orang mulai terurai dan transportasi umum sudah mulai beroperasi. Manfaatkan waktu untuk mengembalikan energi kalian yang habis berteriak-teriak, berdansa, menari dengan memandang terbitnya matahari di tahun yang baru. Jangan pergi tergesa-gesa karena kemungkinan tubuh kalian masih capek. Karena yang namanya pesta dan dipenuhi oleh jutaan orang pasti menguras energi juga kan ya.

Sebenarnya hampir semua tempat keramaian itu bisa mengundang kejahatan dari orang yang tidak bertanggungjawab bukan hanya di pantai Copacabana, Brazil. Namun bagaimanapun, kita harus tetap waspada dan berjaga-jaga supaya liburan kita tidak dirusak dan tetap menyenangkan.

Selamat menyongsong tahun baru.

Selamat berlibur

https://storyv.com/new-years-eve-in-rio-de-janeiro/

http://globalkiratiana.com/2015/12/30/how-to-enjoy-a-safe-new-years-eve-in-rio-de-janeiro/