Tahun 2018 baru saja mulai dan kita semua pasti bertanya-tanya mengenai kuliner yang akan hits di tahun 2018 ini. Apakah akan meneruskan dari tahun sebelumnya atau adakah trend kuliner yang baru? Jika melihat dari kesadaran masyarakat akan pentingnya makanan sehat, trend tersebut tampaknya akan kembali hadir di tahun ini dengan berbagai modifikasi. Selain itu dessert yang unik tampaknya juga akan tetap hadir meramaikan dunia kuliner di tahun 2018.
Berikut PiknikAsik akan meramunya dari berbagai sumber.

Menurut This Is Insider dan dilansir oleh Detik Food, donat masih terus digemari tahun 2018. Namun bukan donat aneka topping lagi yang jadi tren. Semakin banyak kafe dan bakery yang menyajikan donat dengan isian unik. Ada donat isi lelehan Snickers, custard, puree pisang, hingga espresso. The National Restaurant Association memasukkan donat dengan isian non-tradisional dalam daftar 10 tren yang populer tahun 2018.
Menurut laporan tren Whole Foods 2018, tahun depan orang Amerika akan banyak menikmati hidangan Timur Tengah. Sajian seperti hummus, roti pita dan falafel sudah dikenal, tapi kini mereka siap mengeksplor tradisi lebih dalam, nuansa regional, dan bahan makanan klasik dalam kebudayaan Timur Tengah seperti Persia, Israel, Maroko, Suriah dan Lebanon yang akan semakin populer
Sedangkan menurut BBC, tahun 2018 adalah tahun penuh perhatian pada kesehatan usus. Tak heran sayuran acar dan fermentasi semakin populer. Hidangan miso, kimchi dan kefir semakin banyak dikonsumsi sebab menyehatkan pencernaan dengan kandungan probiotiknya.
Tahun 2018 juga akan popular dengan Edible flowers atau jenis bunga yang bisa dimakan. Warna-warninya yang cantik membuat edible flowers banyak dipakai sebagai garnish. Whole Foods menyebut cita rasa bunga jadi tren populer 2018. Kelopak bunga disebut-sebut menghadirkan rasa manis dan aroma fresh yang enak. Tak heran, para chef akan semakin banyak menggunakan edible flowers dalam masakan buatannya.
Bagi penggemar cake, bersiap-siaplah untuk menikmati cake yang agak berbeda dari biasanya. Yang diprediksi ngetren adalah layer naked cake atau cake ‘telanjang’ dalam susunan tingkat. Adalah Milk Bar, bakery pertama yang memperkenalkan konsep naked cake. Sang pemilik, Christina Tosi, yang merupakan salah satu juri dalam Masterchef Amerika, sengaja memperlihatkan tingkat demi tingkat cake yang polos. Sejak itu, naked cake banyak digemari dan diprediksi tetap populer tahun 2018.
Croissant akan tetap popular tahun ini. Dan seperti donat, croissant hadir dengan sedikit berbeda yaitu dengan croissant dengan isi di tengahnya. Restoran Union Fare yang berbasis di New York sudah memperkenalkannya. Bernama Birthday Cake Croissant, pastry ini menggabungkan croissant dengan isian Funfetti yang creamy. Rasa lain yang diperkenalkan adalan croissant matcha dan red velvet.
Aneka macam rasa es krim akan akan mengisi trend kuliner 2018 dengan semakin banyak kreasi es krim dengan tampilan dan rasa unik. Dominique Ansel Bakery di Tokyo sempat memperkenalkan es krim rasa semangka dan jagung. Sementara Soft Swerve di NYC punya es krim matcha, wijen hitam dan ubi ungu.
Menu sarapan klasik seperti pancake, telur orak-arik dan waffle akan tetap punya penggemar, terutama dari kalangan millennial. Bedanya, di tahun 2018 menu sarapan ini dikombinasikan bahan lokal. Seperti telur orak-arik dengan chorizo dan pancake dengan santan di Asia.
Tahun ini makanan alami lebih disukai daripada makanan olahan, karena yang alami tentu lebih sehat dari pada makanan dengan bahan pengawet. Melanjutkan trend makanan sehat dengan makanan organicnya, tahun ini akan lebih banyak lagi ragam olahan makanan sehat dan berhubungan dengan diet makanan sehat dan alami yang semakin populer. Contohnya adalah biji-bijian yang makin digemari banyak orang untuk menu sarapan. Biji-bijian ini biasanya ditambahkan dalam yogurt, oatmeal dan dijadikan selai.

Sumber :

https://food.detik.com/info-kuliner/d-3790668/tahun-2018-10-jenis-makanan-ini-akan-makin-sering-ditemui-2/6/#news
https://food.idntimes.com/diet/nurmayanti/siap-siap-5-makanan-sehat-ini-bakalan-hits-tahun-2018-c1c2