Wah, akhirnya rencana untuk pergi ke luar negeri kesampaian juga. Pasti Piknikers merasa excited akan mempunyai pengalaman ke luar negeri pertama kali yang akan terus dikenang. Hmm, apa saja ya yang harus dipersiapkan? Kali ini PiknikAsik akan memberkan tips-tips apa saja yang harus dipersiapkan jika akan keluar negeri.

1. Membuat passport
Paspor adalah dokumen pertama yang harus dimiliki sebelum kami hendak bepergian ke luar negeri. Jika baru pertama ke luar negeri bisa memilih negara yang dekat dengan Indonesia atau masih dalam wilayah Asia Tenggara supaya tidak perlu mengurus Visa.
Buatlah paspor setidaknya 3 bulan sebelum keberangkatan supaya tidak tergesa-gesa menyiapkan dokumen yang diperlukan. Cek pula informasi mengenai cara apply paspor terkini karena sekarang sudah ada tahapan yang lebih mudah dalam membuat paspor. Ada pula jenis e-pasport yang lebih praktis tetapi dengan harga lebih mahal.
Terkadang paspor juga digunakan untuk booking pesawat dan jika memang tujuannya negara yang mengharuskan membuat Visa, paspor sangat diperlukan. Pembuatan visa jauh lebih rumit daripada paspor. Ada pula negara yang menerapkan Visa On Arrival (VOA) yang bisa diurus di imigrasi bandara negara tujuan.
Paspor identik dengan KT P di dunia internasional dan harus dijaga dengan baik agar jangan sampai hilang.

2. Memesan Penginapan

Setelah mendapat paspor dan mendapat tiket pesawat, saatnya menentukan tempat menginap. Jika tidak menginap di rumah saudara atau teman, tentu Piknikers harus memesan penginapan. Penginapan bisa dipesan melalui web Booking. com atau jika hendak memakai web dalam negeri bisa memakai Traveloka. Banyak sekali penginapan yang tersedia tinggal disesuaikan dengan budget. Jangan lupa dengan nama dan alamat penginapan karena akan ditulis di kartu kedatangan yang diisi di dalam pesawat

3. Pelajari negara tujuan dan buatlah itinerary
Banyak-banyaklah mengumpulkan informasi mengenai negara tujuan kita sambil menyusun itinenary obyek wisata mana saja yang akan didatangi dan transportasi yang diperlukan. Karena di tiap negara mempunyai tata caranya masing-masing. Jangan lupa cek cuaca di negara tujuan supaya tidak salah kostum. Aturan dan kebiasaan di negara tersebut juga harus dipelajari. Misal : aturan merokok, membuang sampah atau menyetop kendaraan umum seperti taxi dan bus. Jika Piknikers mempunyai kebiasaan makan yang khusus bisa menyesuaikannya di negara tujuan. Jika sekiranya sulit mencari tempat makan yang halal bisa membawa lauk pauk yang tahan lama seperti abon.

4. Menukar uang
Lakukan penukaran uang di negara asal supaya tidak repot menukar uang ketika tiba di negara tujuan. Carilah info mengenai nilai tukar yang bagus sehingga lebih menguntungkan. Tukarkan dengan berbagai nilai nominal terutama pecahan kecil sangat diperlukan. Jika misalnya tidak ada sesampai di negara tujuan bisa menukar dengan pecahan kecil di bandara dimana biasanya terdapat money changer. Jika punya bawalah selalu credit card, sangat diperlukan jika ada keperluan yang mendesak.

5. Alat Telekomunikasi
Jika ingin bepergian ke luar negeri Piknikers harus mengetahui akan menggunakan alat telekomunikasi apa selama berada disana. Apakah memakai SIM Card dari Indonesia atau memakai SIM Card negara tujuan. Pelajari paket data yang diberikan oleh operator karena biasanya tiap operator mempunyai peraturan yang berbeda-beda dan pelajari juga mengenai pemakaian SIM Card di negara tujuan. Bisa juga menyewa modem wifi di negara tujuan atau jika di negara tersebut sudah menyediakan free wifi dimana-mana itu bisa juga dimanfaatkan atau jangan lupa pilih penginapan dengan akses free wifi.

6. Pengaturan Barang Bawaan
Persiapkan barang bawaan Piknikers sepraktis mungkin dan disesuaikan dengan jumlah bagasi yang sudah disediakan oleh pihak penerbangan. Jika tidak siap-siaplah untuk menambah kelebihan bagasi. Jika sekiranya ingin berbelanja agak banyak, persiapkan ruang di koper atau bawalah tas yang bisa dilipat. Untuk alat mandi Piknikers bisa menaruhnya di botol-botol atau tempat kecil untuk menghemat ruang.

Jika Piknikers tidak ingin repot bisa ikut tour yang sudah diatur oleh travel agent. Piknikers bisa menghubungi salah satu travel yang terpercaya dan bisa konsultasi mengenai jenis paket yang tersedia. Bisa juga mengikuti tour yang ada di negara tujuan supaya lebih praktis. Semuanya bisa dicari infonya di internet dengan membaca pengalaman dari orang-orang yang sudah pernah ke negara tersebut. Tetapi harap diingat jika memakai travel budget yang dikeluarkan tentu menjadi lebih besar. Dengan mengatur perjalanan sendiri kita bisa mendapatkan pengalaman yang lebih banyak.

Sumber :

7 Tips Traveling Pertama Kali ke Luar Negeri Buat Pemula. Kalau Nggak Sekarang, Kapan Mau Coba?

https://travel.detik.com/travel-tips/d-3062741/aneka-persiapan-saat-pertama-kali-ke-luar-negeri