Buat kamu yang sudah pernah pergi ke luar negeri pasti tidak asing dong dengan istilah visa ini. Ibaratnya, visa adalah surat izin kalian ketika memasuki dan tinggal sementara di negara lain. Berbeda dengan paspor, visa dikeluarkan oleh negara tujuan yang ingin masuki sedangkan paspor adalah dokumen yang dikeluarkan oleh negara asal turis yang ingin mengunjungi negara tersebut. Jadi, baik paspor maupun visa sama-sama diperlukan,piknikers. Tidak semua negara tujuan kita yang memerlukan visa, ada sekitar 24 negara yang menerapkan bebas visa untuk Indonesia, diantaranya negara-negara yang tergabung dalam ASEAN, Nepal, Maldives dan sebagainya. Itu artinya di luar dari ke -24 negara-negara tersebut, kita masih memerlukan visa untuk berkunjung ke negara-negara tersebut.

Visa bisa diajukan melalui kedubes negara masing-masing atau melalui lembaga perwakilan misalnya VFS Global dan visa yang diajukan tersebut akan berbeda sesuai dengan peruntukannya. Mau tahu apa saja itu?

  1. Visa Student. Jika piknikers bertujuan untuk menimba ilmu di negara tujuan untuk jangka waktu lebih dari satu tahun, maka visa yang diajukan adalah visa student atau visa pelajar. Visa ini berlaku selama masa pendidikan berjalan termasuk masa libur. Jadi, seandainya piknikers berencana ingin melanjutkan pendidikan S1 hingga S3 di negara lain, maka ajukan visa student ini. Perolehan visa ini cukup mudah karena sudah pasti disetujui ketika kalian diterima di institusi pendidikan negara tersebut.
  2. Visa Bisnis. Jika piknikers bertujuan ke negara tersebut untuk urusan kantor, bertemu dengan klien dan apapun yang berhubungan dengan urusan bisnis maka ajukan visa bisnis. Biasanya visa berlaku hingga urusan bisnis tersebut berakhir.
  3. Visa Kerja. Kalau piknikers berencana untuk bekerja di negara lain untuk beberapa waktu tertentu, maka ajukan visa kerja. Visa kerja ada yang semi permanen maupun permanen tergantung dari berapa lama bekerja di negara tersebut, jika beruntung visa kerja piknikers bisa berubah menjadi permanent resident ( PR ) ketika piknikers sudah menetap di negara tersebut cukup lama, namun kebijakan tersebut tergantung dari negara masing-masing pula. Jika visa kerja sudah habis masa berlakunya, pikniker harus kembali ke tanah air untuk memperbarui visa tersebut.
  4. Visa Pertukaran Pelajar. Kalau jenis visa ini khusus untuk para pelajar yang mengikuti program pertukaran pelajar. Masa berlakunya sesuai dengan masa berlangsungnya program pertukaran pelajar tersebut.
  5. Visa on Arrival. Seperti namanya yaitu On Arrival, artinya visa tersebut dibuat begitu kalian sampai di negara tujuan baik via pelabuhan udara, air atau perbatasan di darat. Biasanya visa ini berlaku karena ada hubungan baik antara negara asal dan tujuan, contohnya negara-negara yang tergabung dalam forum organisasi ASEAN.
  6. Visa Turis. Visa turis memang diperuntukkan untuk piknikers yang sekedar berlibur untuk janka waktu yang tidak begitu lama dan berlaku sebagai turis. Untuk memperoleh visa turis ini susah-susah gampang karena kebijakan visa tersebut tergantung dari kebijakan politik negara tujuan.
  7. Visa kunjungan keluarga. Jenis visa ini tidak semua negara memberlakukannya, salah satu negara yang memberikan visa ini adalah Jepang. Jadi, jika piknikers memiliki sanak keluarga Indonesia yang berada di Jepang atau memiliki sanak saudara keturunan asli Jepang dan kalian hendak berkunjung ke Jepang, bisa coba meng-apply visa ini.
  8. Visa transit. Visa ini harus diajukan jika keadaan piknikers sedang dalam kondisi transit yang begitu lama tetapi ingin keluar bandara. Misal, piknikers hendak pergi ke Belanda namun transit di Dubai. Normalnya, piknikers harus tetap berada di dalam bandara Dubai tersebut. Nah, jika piknikers ingin keluar bandara dan berjalan-jalan mengitari Dubai, piknikers sebaiknya mengajukan visa transit. Biasanya visa ini hanya berlaku hingga piknikers mendapatkan penerbangan selanjutnya.

Untuk persyaratan pengajuan visa secara umum biasanya dokumen-dokumen yang dibutuhkan untuk membuktikan bahwa piknikers tidak menyalahi visa yang akan diajukan. Misalnya untuk mengajukan visa turis, biasanya piknikers akan diminta dokumen paspor, rekening koran selama tiga bulan, deposit, bukti pemesanan hotel atau tiket pesawat pulang pergi.

Rekening koran, bukti pemesanan hotel dan tiket pesawat pulang pergi dibutuhkan supaya pihak negara tujuan yakin bahwa piknikers tidak akan menjadi imigran gelap di negara tersebut dan piknikers kembali ke negara asal setelah berkunjung ke negara tersebut. Lain halnya dengan visa turis, untuk pengajuan visa bekerja adalah surat bukti bahwa piknikers sudah diterima sebagai karyawan di negara tujuan atau dokumen legal yang membuktikan piknikers layak bekerja di sana.

Nah, demikian semoga hal ini bermanfaat buat kamu sekalian untuk tahu tentang visa ya.

http://www.ican-education.com/blog/ketahui-jenis-jenis-visa-beserta-fungsinya/

http://www.caramembuatvisa.com/jenis-jenis-visa/

https://pengertiandefinisi.com/pengertian-visa-jenis-visa-dan-perbedaannya-dengan-paspor/