Menghabiskan saat akhir pekan atau liburan singkat tidak harus dengan bepergian keluar rumah ataupun keluar kota. Banyak aktivitas yang bisa dilakukan oleh keluarga walaupun hanya berada di rumah. Salah satunya adalah kemping.

Kemping bisa dilakukan di halaman rumah dengan menggunakan tenda kecil yang praktis. Bersama anak kita bisa bahu membahu mendirikan tenda bersama. Jangan lupa siapkan perlengkapan kemping supaya anak bisa tidur dengan aman dan nyaman. Persiapkan matras, sleeping bag dan Matras atau alas tidur sangat dibutuhkan untuk menghindari kelembapan lantai tenda. Terdapat beragam jenis matras yang biasa digunakan untuk berkemah, mulai dari matras gulung tipis yang biasa digunakan untuk mendaki gunung sampai dengan matras yang lebih tebal. Jika tidak memiliki matras, bisa juga menggunakan kasur udara untuk anak-anak. Kasur udara bisa memberikan kenyamanan ekstra untuk anak-anak. Selain digunakan sebagai alas tidur, matras atau kasur udara juga bisa digunakan sebagai alas duduk ketika berada di luar tenda.
Selain matras jangan lupa menyiapkan sleeping bag untuk tempat tidur anak-anak, yang bisa sekaligus berfungsi sebagai selimut. Terdapat berbagai macam sleeping bag dengan kualitas yang beragam. Pilihlan yang tidak terlalu tebal tetapi nyaman. Jika masih kedinginan anak bisa memakai selimut kesayangannya. Karena toh kemping hanya dilakukan di halaman. Untuk menambah keasyikan kemping di halaman, persiapkan pesta kebun dengan menghamparkan tikar untuk makan bersama. Masakan bisa dipilih yang praktis dan mudah dibuat, seperti ayam goreng, pizza atau hamburger serta kentang goreng. Dessertnya pudding atau es krim yang yummy. Sediakan pula lotion anti serangga dan kantong plastik untuk tempat sampah sehingga tenda tetap bersih. Oh iya, jangan lupa persiapan lampu darurat yang menggunakan baterai untuk pennerangan di dalam tenda.
Nah, walaupun hanya di halaman rumah, kemping tetap menyenangkan bagi si kecil.

 

Tidak punya halaman rumah? Jangan sedih, kemping bisa diadakan di dalam rumah. Dengan sedikit kreativitas tenda juga bisa dibuat di dalam rumah. Susunlah empat buah kursi dan bentangkan seprai atau selimut di atasnya sehingga terbentuk ruangan serupa tenda. Sebagai alas bisa menggunakan matras, tikar, karpet atau kasur udara anak-anak. Susunlah sedemikian rupa sehingga anak-anak merasa nyaman. Persiapkan makanan dan cemilan yang praktis sehingga bisa dimakan anak di dalam tenda mereka. Agar suasana seperti di luar rumah, matikan seluruh lampu, lalu ganti penerangan dengan lampu cadangan yang biasa digunakan saat listrik mati. Asyik dan seru.

Meriahkan suasana dengan melakukan permainan yang bisa dilakukan seluruh anggota keluarga seperti ular tangga atau monopoly. Mudah-mudahan ide dari Piknikasik ini bisa menambah keseruan liburan Piknikers ya…

Sumber :

https://ebooks.gramedia.com/berita/ide-liburan-seru-dengan-kemping-di-rumah-bersama-keluarga/