Kompetisi Piala Presiden sudah bergulir, klub-klub terbaik di Indonesia saling adu kekuatan di lapangan. Pertandingan demi pertandingan seru siap dihadirkan kepada penonton fanatik masing-masing kesebelasan. Di kompetisi ini pembagian grup berdasarkan zona wilayah menjadi 5 grup, Grup A, B, C, D dan E dan masing-masing bertanding di stadion sepak bola yang telah ditentukan. Salah satu dari stadion yang menjadi tempat pertandingan Piala Presiden adalah Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya yang menjadi markas dari Persebaya Surabaya sebelum mereka pindah ke Stadion Benowo. Persebaya merupakan salah satu tim yang cukup diperhitungkan di kancah persepakbolaan tanah air. Ditambah dengan aksi para bonek yang memang nekat sesuai dengan singkatan dari bonek itu sendiri yaitu ‘bondo nekat’ alias modal nekat.

Stadion Bung Tomo yang berkapasitas 35 ribu penonton tersebut memiliki nilai sejarah yang tinggi khususnya bagi perkembangan sepak bola di Surabaya. Stadion Gelora 10 Nopember yang megah ini telah menjadi saksi bisu perkembangan Persebaya Surabaya sejak awal berdiri hingga masa sekarang. Sudah banyak sekali acara olahraga yang berlangsung di stadion ini. Stadion bersejarah ini pernah menggelar Pekan Olahraga Nasional (PON) VII 1969. Stadion yang didirikan pada 1951 dan terkenal dengan nama Stadion Tambaksari ini pernah menggelar pertandingan antara Ajax Amsterdam melawan Persebaya pada tahun 1975 dan Arsenal melawan Niac Mitra pada 1983. Konser music pun pernah digelar di stadion ini.

Saat ini, Pemerintah kota Surabaya mengadakan perbaikan dan pembangunan Stadion Gelora 10 November supaya bisa dinikmati oleh masyarakat. Terlebih lagi karena stadion ini telah ditetapkan oleh pemerintah menjadi bangunan cagar budaya. Selain bagian dalam gedung yang diperbaiki sehinga lebih apik, penghijauan juga dilakukan di bagian luar stadion. Piknikers bisa memanfaatkan jogging track tanpa perlu masuk ke dalam Stadion. Setelah berolahraga, Piknikers juga bisa singgah ke Taman Mundu yang ada di depan stadion untuk melepas lelah sambil menikmati keindahan taman. Jangan buru-buru pulang, karena saat malam hari ada atraksi air mancur menari loh.

Sumber :

http://www.bola.com/indonesia/read/2276184/ini-6-stadion-bersejarah-dan-legendaris-di-indonesia

https://dolandolen.com/travel-directory/stadion-gelora-10-november-surabaya/