Dunia olahraga tidak pernah lepas dengan yang namanya supporter atau pendukung, apalagi dunia sepakbola yang memiliki banyak pendukung fanatik yang mencintai klub dan mengamat setiap progres klub kesayangannya. Berhubung tahun 2018 ini akan diadakan penyelenggaraan perhelatan nasional Piala Presiden, maka PiknikAsik akan memberikan tips supaya menjadi supporter bola yang asik dan tertib jadi klub kesayangan kamu pun bisa bangga memiliki supporter seperti kalian

  1. Ekspresif

Ekspresif di sini maksudnya adalah kamu berekspresi dengan atribut dari klub kesayangan kamu, misalnya mulai dari kaos jersey klub, handuk kecil, topi dan sebagainya. Tunjukkan kalau kamu adalah fans sejati klub kesayangan kamu itu. Kalau memungkinan, cat pipi kanan dan pipi kiri dengan logo klub kesayangan kamu. Teriakkan yel-yel ketika pertandingan akan dimulai.

  1. Budayakan tertib

Mungkin kita sudah banyak mendengar berita-berita negatif tentang image pendukung klub sepakbola Indonesia. Nah, sebagai pendukung yang baik, seharusnya sekarang kita bisa membuktikan bahwa kita bisa menjadi pendukung klub yang baik dan tidak mencoreng nama baik klub kesayangan kita. Jadi, kita harus biasakan tertib mengikuti aturan yang ada, piknikers. Karena itu semua demi keselamatan diri sendiri dan nama baik klub kesayangan kita juga loh.

  1. Sportif

Sebagai pendukung yang baik, kamu senantiasa sportif ketika klubmu bertanding. Yang namanya pertandingan, soal menang kalah itu biasa, jadi kalau klub kesayangan kamu menang dalam pertandingan ya jangan jumawa, sombong atau malah jadi urakan begitu juga kalau klub kesayangan kalian sedang belum beruntung alias kalah. Sebagai pendukung yang baik, harus tetap memiliki jiwa sportif, jangan sungkan-sungkan untuk memberikan ucapan selamat kepada pendukung klub yang menang dan  jangan sampai melakukan tindakan anarkis yang menjurus ke tindakan kriminal dan melawan hokum.

  1. Tidak mudah tersinggung

Sebagai pendukung yang baik, kamu tidak boleh mudah tersinggung. Di stadion yang penuh sesak dan ramai itu berisi orang-orang yang datang dari berbagai latar belakang. Bisa jadi ada pendukung klub lawan yang menurut kamu berusaha memprovokasi keadaan sebelum, saat ataupun setelah pertandingan berlangsung. Kamu harus bisa meredam emosi yang bergejolak di dalam dada kamu. Kalau kamu bisa, akan lebih baik jika kamu mengkonversi emosi itu menjadi teriakan-teriakan yang bisa menambah semangat klub kesayangan kamu itu, piknikers.

  1. Jangan buang sampah sembarangan

Buang sampah sembarangan adalah salah satu masalah yang biasanya terjadi setelah pertandingan berlangsung. Nah, sebelum kalian datang ke tempat pertandingan, sediakan kantong kresek untuk menaruh sampah-sampah antisipasi tidak ada tempat sampah di area tempat pertandingan. Kenapa sik harus begitu? Sebagai pendukung yang baik, kamu harus bikin bangga klub kesayangan kamu dong, siapa tahu aksi bersih tidak membuang sampah sembarangan bakal jadi viral. Bikin bangga kan?

 

Nah, sekarang kamu sudah tahu kan bagaimana caranya menjadi pendukung yang asik dan tertib buat klub kesayangan kamu. Intinya, sebagai pendukung klub yang baik, kamu harus bikin bangga klub jagoan kamu tidak hanya kamu mengharapkan tim kamu yang bikin bangga kamu saja.

Selamat menikmati pertandingan!

https://malesbanget.com/2014/07/ini-dia-syarat-menjadi-suporter-bola-yang-baik-kamu-pasti-setuju/